ilmu berkembang dengan pesat, yang pada dasarnya ilmu berkembang dari dua
cabang utama yaitu filsafat alam yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu
alam (the natural sciences) dan filsafat moral yang kemudian berkembang
ke dalam ilmu-ilmu sosial (the social sciences). Ilmu-ilmu alam membagi
menjadi dua kelompok yaitu ilmu alam (the physical sciences) dan ilmu
hayat (the biological sciences) (Jujun. S. 2003).
Ilmu alam ialah ilmu
yang mempelajari zat yang membentuk alam semesta sedangkan ilmu hayat
mempelajari makhluk hidup di dalamnya. Ilmu alam kemudian bercabang lagi
menjadi fisika (mempelajari massa dan energi), kimia (mempelajari
substansi zat), astronomi (mempelajari benda-benda langit dan ilmu bumi
(the earth sciences) yang mempelajari bumi kita.
IPA (Sains) berupaya membangkitkan minat manusia agar mau
meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang
penuh dengan rahasia yang tak habis-habisnya. Dengan tersingkapnya tabir
rahasia alam itu satu persatu, serta mengalirnya informasi yang
dihasilkannya, jangkauan Sains semakin luas dan lahirlah sifat
terapannya, yaitu teknologi adalah lebar. Namun dari waktu jarak
tersebut semakin lama semakin sempit, sehingga semboyan " Sains hari ini
adalah teknologi hari esok" merupakan semboyan yang berkali-kali
dibuktikan oleh sejarah. Bahkan kini Sains dan teknologi manunggal
menjadi budaya ilmu pengetahuan dan teknologi yang saling mengisi
(komplementer), ibarat mata uang, yaitu satu sisinya mengandung hakikat
Sains (the nature of Science) dan sisi yang lainnya mengandung makna
teknologi (the meaning of technology).
IPA membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara
sistematis yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang
dilakukan oleh manusia. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Powler
(dalam Wina-putra, 1992:122) bahwa IPA merupakan ilmu yang berhubungan
dengan gejala-gejala alam dan kebendaan yang sistematis yang tersusun
secara teratur, berlaku umum yang berupa kumpulan dari hasil obervasi
dan eksperimen.
Biologi berkedudukan sebagai
salah satu mata pelajaran dalam IPA yang menyediakan berbagai pengalaman
belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Ketrampilan proses ini meliputi
ketrampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara
baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keselamatan kerja. Hal ini
merupakan suatu kegiatan laboratorium. Kegiatan belajar mengajar dapat menuntut
keterlibatan siswa secara aktif di antaranya dengan menggunakan metode mengajar
eksperimen seperti dijelaskan di atas, dengan menggunakan metode ini siswa
dapat belajar melalui pengamatan dan pengalaman langsung peristiwa-peristiwa
dan gejala-gejala alam. Kegiatan laboratorium juga dapat melatih ketrampilan
berpikir ilmiah. Mengikutsertakan mental siswa bukan sekedar menerima ilmu
saja, di samping itu siswa akan merasa dirinya berperan sehingga meningkatkan
minat dan semangat belajar siswa
Siswa yang melakukan penelitian
harus jujur dalam mengambil dan mengolah data. Tidak ada pemalsuan (manipulasi)
dalam pengambilan data. Meskipun hasilnya tidak sesuai dengan keinginannya.
Kesalahan dalam sebuah penelitian dapat menimbulkan kerugian baik secara moril
maupun materiil. Apalgi jika kesalahan ini disebabkan ketidakjujuran dalam
pencatatan dan pengolahan data suatu penelitian
Keterbukaan dan fleksibilitas di
sini meliputi cara berfikir dan berdiskusi, artinya terus terang, berfikir
positif, dan bersedia mendengar dan menerima pendapat orang lain. Dengan
mendengar kritikan, saran, dan masukan maka hasil penelitian menjadi lebih baik
Dalam konsep belajar aktif, yaitu:
1. Siswa harus membangun pengetahuannya sendiri sehingga dapat
bermakna
2. Cara belajar yang paling baik adalah jika siswa aktif
berinteraksi dengan objek yang konkret
3. Belajar harus berpusat pada siswa
4. Interaksi sosial dan kerjasama harus diberi peranan penting
dalam kelas
Source: Sriyono,
Sains Biologi, 2004
terima kasih semoga artikel ini dapat bermanfaat bagai para pembaca
terima kasih semoga artikel ini dapat bermanfaat bagai para pembaca
0 comments:
Post a Comment